KULIAH UMUM JURUSAN PLB FIP UNP 2018

Padang (20/10). Dilatarbelakangi oleh perkembangan pendidikan anak berkebutuhan khusus sebagai bidang ilmu yang tidak terlepas dari bidang ilmu lain, jurusan Pendidikan Luar Biasa, FIP, UNP mengadakan kuliah umum dengan tema Peran Ilmu Medis dalam Perkembangan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Acara tersebut mendatangkan dua pembicara, yaitu dr. Zuhrah Taufiqa, M.Biomed (Pimpinan klinik Tumbuh Kembang Anak “My Lovely Child”) dan Drs. Abdul Muid Zein, M.Pd (Pemerhati ABK).

Kuliah umum tersebut membahas pentingnya kolaborasi semua pihak dalam memberikan layanan kepada anak berkebutuhan khusus. “Perkembangan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus terus membaik dari waktu ke waktu dengan dukungan dari berbagai pihak”, ungkap Drs. Muid dalam presentasinya yang membahas perkembangan pendidikan khusus  di Indonesia.  Sejalan dengan pernyataan Drs Muid, dr. Vika menyatakan bahwa peran medis dalam perkembangan pendidikan khusus dapat membantu dalam identifikasi hingga intervensi untuk anak berkebutuhan khusus, sehingga layanan yang diberikan tepat dan akurat.

Penyampaian materi identifikasi dan asesmen ABK dari sisi medis

“Kuliah umum ini dirasa penting karena menjadi pembelajaran baru bagi mahasiswa sebagai calon guru pendidikan khusus sehingga dapat memberikan layanan yang maksimal kepada anak berkebutuhan khusus” ujar Dr. Marlina, saat memberikan sambutan dan membuka acara kuliah umum. Diperkuat dengan pernyataan Drs. Ardisal selaku ketua panitia, beliau menginginkan agar mahasiswa PLB tidak terlena dengan opini bahwa hanya mereka yang mempelajari anak berkebutuhan khusus, namun masih banyak bidang ilmu lain yang turut tertarik meneliti dan peduli dengan anak berkebutuhan khusus.

Hal-hal yang diungkapkan tersebut diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa agar terus belajar dari berbagai sumber dan saling bertukar informasi dari segi apapun mengenai anak berkebutuhan khusus dengan bidang ilmu lain. Pendidikan Luar Biasa bukanlah ilmu murni, karena di dalamnya terdapat ilmu terapan dari ilmu kedokteran, psikologi, sosial, dan pastinya pendidikan. Maka dari itu, dengan informasi yang diberikan baik dri sisi medis dan perkembangan pendidikan khusus mahasiswa dapat lebih mengeksplore diri mereka melalui kerjasama dengan bidang ilmu lain dalam usaha mewujudkan memajukan pendidikan khusus.

Pemberian kenang-kenangan oleh Ketua Pelaksana Drs. Ardisal, M.Pd  kepada dr. Zuhrah Taufiqa, M.Biomed

 

Pemberian kenang-kenangan oleh Ketua Jurusan Dr. Marlina, S.Pd., M.Pd  kepada Drs. Abdul Muid Zein, M.Pd

Kegiatan kuliah umum ini sendiri dihadiri oleh 200 mahasiswa dari berbagai angkatan dan juga dosen-dosen PLB FIP UNP.  Mahasiswa terlihat antusias dengan materi kuliah umum dilihat dari banyaknya mahasiswa yang ingin bertanya pada sesi pertanyaan dibuka oleh moderator, yaitu Bapak Safarrudin, M.Pd. “Kami rasa, perlu adanya kuliah umum seperti ini, kuliah umum yang membawakan materi baru mengenai kePLBan dari bidang lain, sehingga kami dapat mengetahui perspektif lain dalam mengembangkan layanan ABK, yang mungkin dapat kami kembangkan dibidang pendidikan ABK”, ujar Putri BP 2016, peserta kuliah umum. (red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *