Pelatihan dan Workshop Meningkatkan Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Membaca Anak Disleksia

Disleksia didefinisikan sebagai bentuk kesulitan dalam belajar membaca, ketidak sesuaian antara hasil membaca dengan potensi umum atau intelektualnya. Saat ini disleksia banyak ditemukan di sekolah dasar, kalau tidak dilayani  dengan baik, berdampak terhadap anak droup out dari sekolah. Pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, guru dituntut untuk dapat memahami bagiamana karekteristik serta layanan yang sesuai dengan kebutuhan anak terutama strategi-strategi membaca bagi anak disleksia. Beranjak dari hal tersebutlah maka diperlukan pelatihan, guna meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar dalam pembelajaran membaca anak disleksia . Melalui pengabdian masyarakat dosen jurusan PLB FIP UNP, dengan memberikan pelatihan dan workshop kepada guru-guru SD tentang cara pembelajaran membaca anak disleksia. Materi yang diberikan meliputi, asesmen anak disleksia, pengembangan RPP modifikasi dan PPI pada pembelajaran inklusi, serta bagai mana membelajarkan anak disleksia dalam membaca terkait dengan strategi pembelajaran, media yang digunakan serta tata cara penilaian yang dilakakukan.

Kegiatan pelatihan dan workshop ini dilaksanakan di SDN 19 Kapalo Koto Kecamatan Pauh selama dua hari dari tanggal 05 – 06 Oktober 2018. Terdapat beberapa anak yang mengalami disleksia di sekolah SDN 19 Kapalo Koto, sehingga sangat diperlukan adanya pelatihan dan workshop tentang pembelajaran membaca bagi anak disleksia.

Dalam pelaksanaan pelatihan kelihatan guru-guru SD sangat antusia dalam mendengarkannya, karena lansung di praktekkan kepada anak disleksia. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini di ketuai oleh ketua pelaksana Dr. Irdamurni, M.Pd, anggota :(1) Dra Kasiyati,M.Pd, (2) Dra. Zulmiyetri,M.Pd, (3) Johandri Taufan,M.Pd.

Harapan terbesar setelah selesainya kegiatan pelatihan dan workshop ini, guru-guru dapat mengaplikasikan ilmu yang telah di dapat, sehingga terciptalah pembelajaran yang kondusif, efektif dan sesuai dengan kebutuhan anak disleksia.

 

One thought on “Pelatihan dan Workshop Meningkatkan Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Membaca Anak Disleksia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *