Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah, dan Penggunaan Aplikasi Mendeley bagi Mahasiswa PLB FIP UNP

Mahasiswa harus bisa menulis karya ilmiah, begitulah kalimat yang sering kita dengar. Tidak dipungkiri lagi, bahwasanya mahasiswa identik dengan yang namanya karya tulis ilmiah. Hampir disemua jurusan dengan berbagai disiplin ilmu pasti mewajibkan mahasiswanya untuk menulis artikel atau membuat artikel baik itu hasil pemikiran ataupun hasil penelitian. Hal inilah yang mendorong Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) FIP UNP mengadakan kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah. Selain itu, pelatihan ini juga nantinya dapat meningkatkan  sitasi dari artikel ilmiah yang dimiliki oleh dosen-dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa.

Sasaran dari pelatihan ini adalah mahasiswa-mahasiswa PLB, terutama mahasiswa-mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir yaitu skripsi. Pelatihan ini sangat penting untuk dilaksanakan, karena masih banyak terdapat mahasiswa-mahasiswa yang minim pemahaman dalam menulis artikel ilmiah, salah satunya bagaimana cara membuat kutipan dan daftar rujukan yang sesuai dengan panduan.

Pada pelakasanaan pelatihan ini, tidak hanya sekedar materi dalam menulis artikel yang baik, tetapi mahasiswa juga diajarkan bagaimana membuat kutipan dan daftar rujukan menggunakan aplikasi mendelay. Mengapa mendelay yang dipilih, karena penggunaannya cukup mudah, dan sangat meringankan penulis dalam membuat kutipan dan daftar rujukan. Pelatihan penggunaan aplikasi mendelay ini diajarkan karena banyak mahasiswa-mahasiswa yang menulis daftar rujukan secara manual, sehingga tata cara penulisan sering kali tidak tepat. Jika penulisan rujukan tidak tepat maka akan berakibat pada sedikitnya sitasi dari karya-karya tulis yang dibuat oleh dosen-dosen.

Narasumber pada pelatihan ini adalah Ibu Dr. Marlina, S.Pd., M.Si yang menyampaikan materi tentang bagaimana menulis artikel yang baik dan benar. Selain Ibu Marlina yang menjelaskan tentang bagaimana menulis artikel yang baik dan benar, mahasiswa juga di ajarkan langsung bagaimana penggunaan aplikasi mendelay  yang disampaikan oleh Bapak Safaruddin, M.Pd dan narasumber selanjutnya adalah bapak Johandri Taufan, M.Pd yang menjelaskan mengenai tatacara submit artikel pada jurnal. Pelatihan ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Output dari pelatihan ini diharapkan nantinya artikel-artikel ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa memiliki kualitas yang baik, dan jauh dari plagiarisme. Selain itu, harapan lain dari pelatihan ini adalah meningkatnya sitasi dari dosen-dosen PLB FIP UNP. Mengapa? karena semakin baik cara mensitasi (mengutip) maka semakin bertambah pula indeksasi dari karya-karya tulis dosen-dosen PLB FIP UNP.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *