Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif dalam Setting Pendidikan Inklusif “PKM Dosen PLB FIP UNP”

Olahraga merupakan sebuah aktivitas yang harus dilakukan oleh setiap manusia. Olahraga sangatlah penting, selain untuk menjaga kesehatan, olahraga termasuk kegiatan yang memberikan kesempatan bagi tubuh kita untuk dapat bergerak secara baik. Banyak orang yang meyakini bahwasanya olahraga adalah kegiatan yang sangat penting, terutama bagi tumbuh kembang anak. Dalam olahraga terdapat banyak aktivitas-aktivitas gerak yang membantu perkembangan motorik anak. Jika seorang anak ketika dimasa kecilnya sangat jarang bergerak, maka setelah meranjak dewasa maka banyak fungsi-fungsi otot yang terganggu. Inilah beberapa factor pentingnya olahraga pada tubuh kita.

Olahraga merupakan sebuah pelajaran yang wajib ada di sekolah-sekolah dari tingkat Sekolah Dasar sampai tingkat Menengah Atas (SMA). Keberadaan mata pelajaran olahraga ini amatlah penting sehingga disekolah mata pelajaran ini biasa disebut pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan (Penjaskes). Selain di sekolah regular atau sekolah pada umumnya mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan juga ada di Sekolah Luar Biasa (SLB), dimana pada mata pelajarannya berubah menjadi pendidikan jasmani adaptif atau penjas adaptif.

Secara mendasar pendidikan jasmani adaptif adalah sama dengan pendidikan jasmani biasa. Pendidikan jasmani merupakan salah satu aspek dari seluruh proses pendidikan secara keseluruhan. Pendidikan jasmani adaptif merupakan suatu sistem penyampaian layanan yang bersifat menyeluruh (comprehensif) dan dirancang untuk mengetahui, menemukan dan memecahkan masalah dalam ranah psikomotor. Hampir semua jenis ketunaan Anak Berkebutuhan Khusus memiliki masalah dalam ranah psikomotor. Masalah psikomotor sebagai akibat dari keterbatasan kemampuan sensomotorik, keterbatasan dalam kemampuan belajar. Sebagian Anak Berkebutuhan Khusus bermasalah dalam interaksi sosial dan tingkah laku. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa peranan pendidikan jasmani bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sangat besar dan akan mampu mengembangkan mengkoreksi kelainan dan keterbatasan tersebut.

Pendidikan jasmani adaptif ini merupakan salah satu tema yang diangkat dalam kegiatan pengabdian kepada masyakarat yag dilaksanakan oleh dosen Pendidikan Luar Biasa FIP UNP. Kegiatan ini dipilih bertolak dari hasil survey di lapangan, bahwasanya banyak guru-guru olahraga di sekolah regular mengalami kesulitan dalam memberikan pembelajaran olahraga bagi peserta didik berkebutuhan khusus dan juga kurangnya partisipasi yang diberikan kepada peserta didik berkebutuhan khusus dalam mengikuti kegiatan olahraga. Hal ini dikarenakan ketidaktahuan guru terkait kemampuan anak, hambatan anak dan kebutuhan anak. Oleh sebab itu kegiatan pengabdian yang diangkat ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada guru-guru olahraga tentang bagaimana program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Kegiatan pengabdian kepada masyakarat ini dilaksanakan di Aula Jurusan PLB FIP UNP selama empat hari, dengan dua hari konsep dan materi dan dua hari lagi adalah implementasi atau praktek guru di lapangan. Kegiatan yang diketuai oleh Johandri Taufan, M.Pd. dengan anggota Drs. Ardisal, M.Pd. dan Drs. Damri, M.Pd, ini mengundang narasumber yang memberikan pemahaman dan konsep terkait anak berkebutuhan khusus. Setelah diberikan materi terkait anak berkebutuhan khusus, peserta yang terdiri dari 24 guru-guru olahraga di 21 Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Pauh ini juga diberikan pelatihan mengenai pendidikan jasmani adaptif oleh instruktur yang ahli dibidangnya.

 

 

Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah, nantinya guru-guru yang telah diberikan pelatihan tentang model program pembelajaran jasmani adaptif ini dapat mengimplementasikannya pada peserta didik yang berada disekolah mereka masing-masing, sehingga tidak adanya lagi anak berkebutuhan khusus yang tidak mengikuti kegiatan olahraga pada jamnya.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *